Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
13 Aug 2023 303 pembaca ADMIN

Sekda Sambut Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Banten

TANGERANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menerima Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Banten tahun 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Kamis, (22/06/23).

Sekda mengatakan Kelurahan Cisauk merupakan juara I lomba kelurahan tingkat Kabupaten Tangerang yang mewakili Kabupaten Tangerang untuk lomba kelurahan tingkat Provinsi Banten. Lomba kelurahan menjadi motivasi bagi kelurahan lain untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Lomba Kelurahan menjadikan motivasi kelurahan dalam memberdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat  yang meliputi sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, kamtibmas, partisipasi dalam bidang pemerintahan, kelembagaan masyarakat, administrasi kelurahan dan pemberdayaan perempuan yang pada akhirnya bermuara untuk kepentingan pelayanan masyarakat," ungkap Sekda.

Sekda menandaskan bahwa kelurahan menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat agar mudah mengakses. Perlu banyak inovasi agar masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal. 

"Kelurahan menjadi ujung tombak pelayanan bagi masyarakat, untuk itu inovasi harus terus ditingkatkan agar masyarakat lebih mudah mengakses dan mendapatkan layanan secara langsung," tandasnya.

Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Banten, Suherman, terkesan dengan penyambutan yang dilakukan, baik oleh tim kelurahan, kecamatan maupun tim dari Kabupaten Tangerang.  

"Penyambutan kami luar biasa, padahal hanya mengevaluasi beberapa administrasi dan sejauh mana pelayanan Kelurahan Cisauk terhadap masyarakat dalam segala aspek," tutur Suherman.

Ada sekitar 317 kelurahan di Provinsi Banten harus melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan masyarakat, baik di bidang pemberdayaan, admistrasi kependudukan, ekonomi dan mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Cisauk  Ramdhan Randika memaparkan, Kelurahan Cisauk berpenduduk 14.740 jiwa, 6 RW dan 37 RT dengan luar wilayah kurang lebih 484 hektar. Menurut dia, Kelurahan Cisauk terus melakukan terobosan dan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. 

"Kelurahan Cisauk memiliki aplikasi berbasis Android (Kang Deblon) yaitu Layanan Delivery Online Dokumen yang nantinya siap diantar oleh petugas ke rumah warga setelah mengisi dokumen di aplikasi tersebut, " jelas Ramdan. 

Kelurahan Cisauk juga bekerja sama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk perekaman e-KTP bagi warga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  di bawah binaan Kemah Peduli Sahabat RW.01 Kelurahan Cisauk yang bisa langsung diberikan tanda identitas penduduknya. 

"Pelayanan di Kelurahan Cisauk terus dimaksimalkan, mulai dari Posyandu, taman bermain ramah anak, perpustakaan hingga air mancur yang memiliki daya tarik masyarakat," pungkasnya.

Hadir pula pada acara tersebut antara lain: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Yani Sutisna, Camat Cisauk Yusuf Fachroji, tim penggerak PKK kecamatan dan kelurahan beserta tokoh masyarakat.

(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Tangerang)
NO: 485/26-Prokopim/VI/2023